Makanan Pelancar ASI – Terbukti Manjur

Makanan Pelancar ASI menjadi perbincangan yang tidak ada habisnya terutama bagi para ibu baru. Air Susu Ibu yang biasa dibilang ASI adalah makanan yang sangat penting bagi sang buah hati. Masalahnya, tidak sedikit ibu baru memiliki masalah dengan hal ini, ada yang jumlah air susunya sedikit bahkan benar-benar tidak ada setetespun keluar dari payudara. Jika hal ini terjadi pada anda, janganlah anda khawatir terlebih dahulu karena justru dengan khawatir secara berlebih akan memperparah permasalahan anda.

Bagi anda yang melahirkan anak pertama dengan cara Caesar mungkin ASI tidak akan langsung keluar, hal ini lumrah terjadi jika dibandingkan ibu yang melahirkan secara normal. Karena produksi ASI sebenarnya memiliki keterkaitan dengan kontraksi di Rahim anda sebelum melahirkan sehingga tidak anehlah ibu yang lahiran normal akan lebih mudah mengeluarkan air susunya. Lalu bagaimana dengan ibu yang memiliki masalah dengan jumlah ASI nya? Baiklah, dalam artikel ini akan diulas mengenai cara dan makanan pelancar ASI yang bisa menjadi referensi bagi anda. Beberapa cara dan makanan yang menjadi referensi terbukti manjur melancarkan dan menambah jumlah ASI, berikut selengkapnya:

Cara menambah jumlah dan melancarkan ASI:

1. Pijat Payudara (Massage) Pijat payudara menjadi hal yang saya sarankan, bahkan jika anda berkonsultasi dengan bidan atau dokter spesialis kandungan terkait permasalahan air susu ibu pasti mereka akan menyarankan anda berlatih massage payudara. Selengkapnya akan saya jelaskan dilain kesempatan.

Memijat payudara dilakukan jika payudara anda belum mengeluarkan ASI. Jika air susu telah keluar namun jumlahnya sedikit, anda harus mulai beralih ke makanan yang menyehatkan dan dapat membantu permasalahan jumlah air susu anda. Makanan itu diantaranya:

1. Air Putih
Jumlah ASI sedikit bisa jadi karena anda kekurangan cairan yang diakibatkan anda kurang minum, sehingga anda harus perhatikan hal ini dengan baik. Minumlah air putih setidaknya 12 gelas setiap hari.

2. Daun Katuk
Silahkan anda baca selengkapnya artikel manfaat daun katuk. Makanan ini terbukti manjur sebagai penambah dan pelancar ASI, telah saya coba sendiri.

3. Bubur Ketan Hitam
Ketan hitam bisa anda tambahkan sebagai cemilan anda, zat yang ada didalamnya membantu permasalahan anda.

4. Pepaya Muda dan Daun Pepaya
Saya sarankan anda memakan pepaya muda bukan yang matang. Dari segi rasa mungkin akan sedikit pahit namun sangat bagus bagi anda yang ingin terus menyediakan asi bagi buah hati anda. Cara memasaknya yaitu dengan membuatnya menjadi sayur bening. Jangan dikupas kulit buahnya. Selanjutnya daun pepaya anda buat menjadi lalapan.

5. Bubur Kacang Hijau
Banyak manfaat yang bisa anda raih dengan memakan makanan ini. Salah satunya menambah produksi ASI anda. Untuk lebih lengkapnya bisa di baca di Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan.

6. Gula Kawung (Gula Merah dari Aren)
Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dicampur sebagai pemanis di bubur ketan hitam atau bubur kacang hijau. Salah satu khasiat dari gula merah ini adalah memperbanyak jumlah dan mengentalkan cairan air susu anda serta membuatnya lebih manis.

7. Buah-buahan yang memiliki jumlah cairan banyak
Banyak buah-buahan yang bisa anda makan. Yang saya sarankan adalah semangka biji, jeruk yang manis, buah naga, delima, dan alpukat. Hindarilah buah-buahan yang berasa asam.

Satu hal yang harus anda ingat, jangan memakan makanan pedas atau terlalu pedas, jangan juga makan rujak terutama 3 bulan setelah melahirkan, dan jangan makan atau membuat makanan yang terlalu banyak garam.

Itulah Makanan Pelancar ASI yang saya sarankan, semoga anda dan buah hati anda diberikan kesehatan dan jumlah air susunya bertambah banyak. Semua makanan yang disampaikan dalam artikel ini sudah terbukti manjur oleh diri saya sendiri. Semoga bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar