10 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat dapat anda dapatkan jika makan makanan yang sehat pula. Salah satu makanan yang Azzahra rekomendasikan adalah kacang hijau. Memiliki nama ilmiah (Phaseolus vulgaris), kacang hijau dengan mudah dapat anda dapatkan karena tumbuhan ini tumbuh sepanjang tahun, tidak mengenal musim dan tumbuh di berbagai Iklim.

Kacang hijau biasanya dengan mudah dapat anda temukan ketika berkeliling jalan-jalan di sore hari. Tentu saja sudah dalam bentuk olahan, salah satu olahannya yang paling sering dijajakan dijalanan adalah bubur kacang hijau. Jika anda membelinya, biasanya para pedagang akan memberikan mencampurkannya dengan ketan hitam dan santan kelapa sehingga membuat rasanya lebih nikmat untuk dimakan.

Kacang hijau memiliki banyak manfaat kesehatan bagi para pengkonsumsinya, hal ini dikarena kacang hijau memiliki banyak vitamin dan mineral, serat, protein, zat besi, hingga kalsium. Tidak heranlah banyak orang menyukainya, bahkan para pedagang kaki lima yang menjual olahannyapun kebagian manfaatnya. Selain itu kacang hijau adalah salah satu dari jenis biji-bijian yang memiliki kadar antioksidan tinggi, seperti yang telah anda ketahui biasanya antioksidan tinggi itu terdapat di dalam daun-daunan hijau seperti daun katuk dan daun-daunan lainnya. Antioksidan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan kolesterol tinggi.

Bagi anda yang sangat pemilih dalam menjaga porsi makan (diet), maka kacang hijau bisa menjadi salah satu yang bisa anda pilih. Kacang hijau memiliki 31 kalori dalam setiap 100 gr-nya dan tentunya 0 kolesterol. Selain itu kacang ini memiliki serat yang cukup banyak, hampir 9% DRA serat, sehingga cocok bagi anda yang sedang diet (makan sedikit kenyangnya lama). Sedang bagi anda yang memiliki anak kecil khususnya dibawah 5 tahun Zahra merekomendasikan untuk membuat olahan dari kacang ini, karena kandungan protein yang ada dalam kacang hijau akan sangat membantu dalam mempercepat pertumbuhan dan perkembangan otak anak anda. Agar mudah membacanya, berikut Azzahra urutkan:


Kandungan Vitamin dan Mineral pada Kacang Hijau:
1. Vitamin A dan C
Kacang hijau memiliki jumlah vitamin A dan C yang melimpah, dimana fungsi vitamin ini adalah untuk membantu tubuh anda terhindar dari radikal bebas.

2. Vitamin B
Kacang hijau menjadi salah satu sumber vitamin B kompleks, terutama Vitamin B1 dan Vitamin B2. Vitamin B1 (Tiamin) sangat baik untuk sistem saraf dan memperkuat tulang. Sedang Vitamin B2 (Riboflavin) bermanfaat untuk membantu hemoglobin (HB) untuk mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh hingga seluruh nutrisi dari makanan yang dimakan dapat tersalurkan keseluruh tubuh.

3. Vitamin K
Vitamin K membantu mempercepat pemulihan tulang.

4. Zat besi
Kacang hijau juga tinggi akan zat besi yang memiliki fungsi untuk pembentukan hemoglobin (Hb) dan mioglobin yang digunakan untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

5. Mineral
Mineral lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh jika mengkonsumsi kacang hijau adalah mangan (9%), magnesium dan fosfor (6%), kalsium (3,7%), dan seng (2%).

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh
1. Menurunkan Berat Badan
Kacang hijau mengandung kalori dalam jumlah yang sangat rendah. Dalam 100 gram kacang hijau hanya akan mehasilkan 31 kalori. Selain itu, biji-bijian ini memiliki tidak memiliki lemak jenuh. Kacang hijau juga merupakan sumber serat makanan yang dapat membantu dalam upaya menurunkan berat badan. Kandungan seratnya mengatur kadar kolesterol dan gula dalam tubuh. Hal ini akan membantu mencegah perkembangan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

2. Memperbaiki Masalah Pencernaan
Karena kandungan serat kacang hijau tinggi, maka bermanfaat untuk memperbaiki masalah pencernaan dengan cara membersihkan saluran pencernaan dari zat yang tidak perlu. Juga kandungan seratnya dapat membantu anda untuk mengobati sembelit, wasir hingga bisul.

3. Mengurangi Resiko Terjangkit Kanker
Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa kacang hijau memiliki banyak klorofil. Zat ini terbukti dapat mengurangi efek karsinogenik yang bisa menjadi penyebab timbulnya kanker.

4. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
Kacang hijau mengandung antioksidan kuat yang dikenal sebagai flavanoid. Flavanoid memiliki fungsi dan manfaat untuk membersihkan tubuh dari efek peradangan, pembekuan darah dan tekanan darah tinggi. Kacang hijau juga memiliki kandungan potassium dan sodium dalam tingkat rendah yang merupakan kombinasi sempurna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ia memiliki lemak omega-3 yang berfungsi mengatur tingkat kolesterol dalam tubuh. Kolesterol LDL rendah berkontribusi terhadap pencegahan penyakit jantung.

5. Membuat Tulang Menjadi Kuat
Kacang hijau kaya akan vitamin K. Vitamin K memiliki peran sebagai pemproduksi kalsium yang tentu sangat penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Vitamin K juga mengatur kapasitas penyerapan mineral terhadap tulang. Dengan tercukupinya kadar vitamin K di dalam tubuh akan membuat tulang anda kuat. Anda tentu membutuhkan vitamin ini untuk menghindari masalah terkait tulang, seperti osteoporosis dan meningkatkan regenerasi tulang serta menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

6. Memperbaiki Sel yang Rusak dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kacang hijau memiliki kandungan vitamin C dalam nilai tinggi yang memiliki fungsi untuk mengurangi kemungkinan anda terpapar radikal bebas. Akumulasi radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang berakibat tubuh menjadi lemah dan mudah terjangkit penyakit. Vitamin C membantu sistem pertahanan tubuh agar lebih kuat. Dengan nilai kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki kacang hijau maka Azzahra pun merekomendasikan makanan ini untuk dikonsumsi anak anda sebagai pendamping ASI. Kacang hijau dan ASI sama-sama dapat memperkuat antibodi bayi anda. Selain itu zat Karotenoid yang ditemukan ada dalam kacang hijau mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan lutein. Dimana Beta karoten telah dibuktikan memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kekebalan bagi tubuh.

7. Membantu Penderita Diabetes Tipe 2
Telah banyak studi menunjukan bahwa kacang hijau dapat membantu mengelola dan mengatur gejala diabetes mellitus tipe 2, seperti gula darah tinggi. Penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau dengan pengolahan yang baik. Dimana saya menyarankan anda untuk mengolah kacang hijau menjadi sayur bening. Caranyapun sangat mudah yaitu: cuci biji kacang hijau hingga bersih, rebus kacang hijau sampai matang namun jangan lembek, untuk penyedapnya bisa anda sesuaikan sesuai selera. Azzahra sih menyarankan anda tidak menambahkan penyedap makanan, cukup memasukkan garam!

8. Meningkatkan Kesehatan Mata
Kacang hijau memiliki senyawa karotenoid yang memiliki manfaat untuk meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko gangguan mata. Karotenoid dan lutein yang ditemukan di biji-bijian ini dapat mengurangi lelah mata, yang mana lelah pada mata dapat menyebabkan berbagai jenis masalah seperti kehilangan penglihatan, mata minus dan degenerasi seiring bertambah usia.

9. Mencerahkan Kulit Wajah Sehingga Tampak Lebih Muda dan Sehat
Vitamin C dapat meningkatkan kemampuan produksi kolagen alami oleh tubuh. Kolagen bermanfaat untuk bisa memperbaiki dan merevitalisasi kulit pada tingkat sel. Sehingga membuat kulit Anda lebih muda dan sehat. Kacang hijau juga mengandung Vitamin A yang dapat membantu mengurangi efek penuaan dini pada kulit. Artinya dengan mengkonsumsi kacang hijau anda bisa mengurangi kemungkinan timbulnya masalah pada kulit seperti keriput, kulit kering, dan lainnya.

10. Membantu Kesehatan Ibu Hamil
Kacang hijau merupakan salah satu sumber asam folat. Zat ini sangat penting terutama bagi ibu hamil. Asam folat bermanfaat untuk melindungi rahim wanita dan meningkatkan perkembangan janin. Asam folat juga dapat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf. Jika Anda ingin melahirkan bayi yang sehat, maka makan kacang hijau selama kehamilan bisa anda coba.

Untuk mendapatkan semua nutrisi dan manfaat kacang hijau, disarankan untuk memakannya mentah. Atau jika anda takut gigi anda tidak kuat menggigitnya, anda bisa mengolahnya menjadi sayur bening atau jika anda tidak memiliki masalah dengan gula darah (mengidap diabetes), maka bolehlah anda mengolahnya menjadi bubur kacang hijau dengan menggunakan pemanis alami yaitu dengan gula aren.

Pastikan juga bahwa anda memilih kacang hijau yang terbaik. Pilih kacang yang memiliki tekstur kencang dan segar dengan warna hijau terang. Oleh karena itu dengan mempertimbangkan banyaknya manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang bisa anda raih, maka cobalah untuk menyertakan kacang hijau dalam rencana diet Anda.
Share: