Bubur Ketan Hitam – Manfaat dan Efek Sampingnya

Bubur Ketan Hitam merupakan salah satu makanan olahan yang mudah dijumpai. Di Jawa Barat sendiri, biasanya olahan ini disajikan bersama bubur kacang hijau. Ketan sendiri memiliki bentuk mirip beras namun memiliki perbedaan setelah di masak, yaitu tesksturnya menjadi lebih lengket dibandingkan dengan beras.

Saat ini banyak orang percaya bahwa ketan hitam memiliki banyak manfaat walaupun disamping manfaat itu terdapat efek samping yang juga mengganggu dan bahkan dapat membahayakan jika dikonsumsi secara berlebih dan pengolahan yang keliru. Efek samping dari mengkonsumsi bubur ketan hitam secara berlebih dan salah dalam pengolahannya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Asam Lambung
Ketan hitam digolongkan biji-bijian yang kaya karbohidrat. Yang mana mengkonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga pengkonsumsinya bisa merasakan perih atau sakit di bagian ulu hati bahkan sampai sesak di dada jika sudah parah. Sehingga disarankan, untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mengkonsumsi makanan ini secukupnya.

2. Perut Kembung
Ketan ini juga merupakan makanan yang mengandung gas dan sulit untuk dicerna tubuh, sehingga akan memperberat kinerja lambung dan usus dalam melakukan proses pencernaan makanan. Jika dikonsumsi berlebih, bukannya memberikan energy yang banyak bagi tubuh malah perut menjadi terasa bengkak dan sering buang angin.

3. Kandungan Alkohol
Ketidaktepatan dalam mengolahpun bisa menjadi berbahaya bagi sebagian orang. Ketan hitam yang difermentasi menjadi tape dapat membuatnya mengandung alkohol daalam jumlah yang banyak. Tape ketan hitam mungkin rasanya enak, namun membahayakan bagi orang yang memiliki riwayat sakit maag.


Hampir semua efek samping ketan hitam berhubungan dengan masalah kesehatan pada organ pencernaan jika dikonsumsi berlebih atau tidak tepat dalam pengolahannya, namun jika pengolahannya benar seperti mengolahnya menjadi bubur ketan hitam maka banyak manfaat yang bisa diraih oleh orang yang mengkonsumsinya. Berikut Manfaat Ketan Hitam bagi tubuh:

1. Mencegah Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang berbahaya dan selalu mengintai. Mengkonsumsi bubur ketan hitam dipercaya dapat membantu anda terhindar dari diabetes, hal ini karena kandungan anti inflamasi yang dimiliki ketan hitam.

2. Pelancar ASI
Mengonsumsi bubur ketan hitam juga sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui karena makanan ini merupakan salah satu Makanan Pelancar ASI.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Berbeda dengan beras, ketan hitam memiliki jumlah serat yang cukup banyak, dan hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung anda.

4. Mencegah Gangguan Tiroid
Ketan ini memiliki zat selenum dalam jumlah yang 9,7mg/100 gr. Zat ini berfungsi sebagai pencegah terjadinya kerusakan dan malfungsi kelenjar tiroid.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Mempercepat Pemulihan Tulang
Kandungan mangan dan zat lengket yang dimiliki ketan hitam dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mempercepat proses penyembuhan tulang yang luka. Sehingga tidaklah aneh, ahli tulang selalu menyarankan anda mengkonsumsi makanan yang satu ini.

6. Mencegah Kolesterol Berlebih
Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh namun dalam jumlah sedikit, jika jumlahnya berlebih maka akan mengganggu sistem peredaran darah manusia. Sehingga makanan ini cocok di konsumsi oleh anda penderita kolesterol tinggi karena memiliki serat yang cukup banyak dan juga antioksidan yang dapat menghancurkan lemak jahat dalam darah anda.

Itulah beberapa manfaat dari Bubur Ketan Hitam yang dapat disampaikan. Semoga memberikan anda informasi yang akurat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar