Tanda Penyakit Serius Terjadi Pada Bayi dan Membutuhkan Pengobatan Segera

Sebagian besar penyakit yang terjadi pada bayi dan anak-anak akan dapat sembuh dengan sendirinya, hal ini karena kebanyakan penyakit yang terjadi adalah ringan walaupun tidak menutup kemungkinan bayi dan anak-anak memiliki penyakit yang serius dan berbahaya yang mengancam jiwa mereka. Jika anda mencurigai penyakit serius menyerang anak dan bayi anda segeralah ke rumah sakit guna mendapatkan bantuan medis lanjutan.

Kapan anda harus ke dokter untuk mengobati bayi anda?

Tempat terbaik yang harus anda kunjungi ketika anak anda sakit adalah rumah sakit guna bertemu dokter anak yang menangani anak anda sejak mereka lahir. Namun jika hal mendesak terjadi maka secepatnya membawa bayi anda ke bagian gawat darurat.

Tanda-tanda bayi anda menderita penyakit serius dan membutuhkan pengobatan medis segera meliputi:

1. Bayi anda tidak responsif.
2. Bayi anda mengalami kesulitan bernapas, bernapas dengan cepat, atau bernapas pendek dan terengah-engah.
3. Suhu badan di atas 38 derajat Celcius (pada bayi berumur kurang dari 3 bulan).
4. Terdapat ruam ungu atau merah yang ketika anda tekan tidak menghilang.
5. Bayi terlihat pucat atau membiru.
6. Bayi anda terlihat selalu mengantuk.
7. Bayi anda tidak mau minum asi atau yang lainnya dengan diikuti oleh tidak buang air kecil.
8. Sering muntah.
9. Sering menangis dan menjerit-jerit.
10. Bayi mengalami kejang.
11. Bayi mengalami alergi berat (anafilaksis).

Jika anda mendapati salah satu tanda di atas, segeralah bawa bayi anda ke dokter.

ilustrasi bayi mengidap demam tinggi yang merupakan salah satu penyakit serius.

Penyakit pada Bayi yang Membutuhkan Penanganan Segera

Ada beberapa penyakit yang bisa menjadi penyakit serius dijangkit bayi anda dan hal ini harus anda waspadai. Berikut penyakit serius yang bisa menjangkit bayi anda:

1. Meningitis

Peradangan selaput otak yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri atau mikroorganisme lainnya yang merusak selaput otak. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa bayi anda. Tanda penyakit ini diantaranya sering sakit kepala, leher sering tearasa kaku dan pegal, sering muntah dan tidak bisa melihat cahaya terang. Dan tanda penyakit meningitis yang serius yang paling umum terjadi adalah adanya ruam merah yang jika ditekan ruam merah itu tidak akan hilang.

2. Kejang (Step)

Step atau kejang dapat terjadi karena adanya aktifitas listrik yang berlangsung sangat cepat dan tidak terkoordinasi pada otak. Hal ini bisa terjadi pada bayi anda yang menyebabkan bayi anda menjadi kaku, menyentaknya lengan dan kaki, mata melihat keatas, gigi menggigit lidah (jika sudah punya gigi) dan kehilangan kesadaran. Biasanya step dan kejang ini terjadi jika bayi mengalami demam dengan suhu badan sangat tinggi. Jika bayi anda mengalami kejang dan berlangsung lama dengan diiringi sesak napas maka segeralah membawanya ke fasilitas kesehatan darurat setempat untuk mendapatkan pertolongan dan pengobatan segera.

3. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi ini dapat terjadi pada bayi anda dengan tanda dan gejala yang sangat mengganggu dan menyebabkan bayi anda menjadi rewel dan sering menangis ketika ia ingin buang air kecil. Tanda penyakit ini menjangkit anak anda adalah terdapatnya darah di urin, urin berwarna merah jambu atau merah atau coklat dan bayi anda mengalami demam, serta selalu tidak merasa nyaman pada bagian perut bawah. Penyakit ini sangatlah serius karena jika tidak segera diobati dapat menyebabkan infeksi ginjal. Jika bayi anda mengalami hal di atas segeralah berobat kedokter untuk dilakukan pengetesan di urin mereka dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Pneumonia

Penyakit infeksi paru-paru ini dapat disebabkan oleh virus atau bakteri yang mana bisa menyebabkan bayi anda mengalami demam tinggi, sulit bernapas dan selalu rewel karena merasakan sakit di dada mereka. Jika anda mengalami hal-hal di atas terjadi pada bayi anda segeralah pergi kedokter untuk mendapatkan pertolongan dan pengobatan secepatnya karena penyakit ini sangat berbahaya dan harus ditangani dengan segera.

5. Asma

Penyakit serius yang bisa menyerang siapa saja termasuk bayi anda. Jika anda mendengar bahwa napas bayi anda berbunyi (mengi) dan juga terlihat sulit untuk bernapas apalagi jika anda melihat kulit disekitar wajah membiru. Maka segeralah anda berobat kedokter untuk segera mendapatkan pengobatan. 

6. Anafilaksis

Reaksi alergi berat dan parah yang dapat mengancam jiwa bayi anda. Alergi yang berat sehingga terjadi anafilaksis membutuhkan pengobatan dan penganganan segera dari tim medis karena dapat menimbulkan kematian. Banyak hal yang bisa menyebabkan bayi anda alergi, diantaranya adalah alergi makanan tertentu, debu, bulu binatang, serbuk sari dari tumbuhan, dan obat-obatan penghilang rasa sakit serta pemberian antibiotik pada bayi. Tanda bayi anda mengalami anafilaksis diantaranya timbulnya bercak merah hampir diseruruh kujur tubuhnya, terjadi pembengkakan dikulit, sulit bernapas hingga hilang kesadaran.

Itulah 6 penyakit serius yang harus anda ketahui dan perhatikan yang bisa saja terjadi pada bayi anda. Semoga kita dan bayi serta anak-anak kita terhindar dari penyakit-penyakit serius yang membutuhkan penanganan dan pengobatan segera ini.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar