Menyusui Bayi Dengan ASI Memberikan Antibodi yang Menakjubkan

Anda mungkin pernah mendengar bahwa ASI mengandung Antibodi yang memiliki fungsi untuk melindungi bayi anda dari berbagai macam penyakit. Yang anda dengar itu benar! Tapi, bagaimana semua itu dapat bekerja dan bagaimana cara untuk bisa memaksimalkan kerja antibodi ASI untuk bayi Anda?

Bagaimana Antibodi itu bekerja?
ASI mengandung banyak senyawa protein yang salah satunya adalah Imunoglobulin, senyawa memiliki peran untuk menghasilkan antibodi yang spesifik untuk mencegah dan menghadapi kuman dan bakteri yang hendak menyerang bayi anda.

Dari semua itu yang memiliki peran paling penting adalah senyawa Imunoglobin A yang biasa disingkat sIgA. . IgA di produksi oleh ASI ibu ketika seorang ibu bersentuhan dengan antigen (entah itu ibu yang bersentuhan langsung dengan antigen atau bersentuhan dengan bayinya dan menerima kuman darinya) maka tubuhnya segera bekerja.

Sel di tubuh ibu akan membawa kuman penyerang (antigen) ini ke saluran pernafasan dan usus dimana tubuhnya bereaksi dengan cepat menghasilkan antibodi IgA yang sesuai dengan apa yang telah ia hadapi. Begitu respons antigen ini berhasil dilakukan, IgA melakukan perjalanan menuju kelenjar susu di mana bayi Anda yang munyusu ASI itu akan mendapat perlindungan khusus. Sekretor IgA akan melapisi saluran pencernaan bayi dari kolik pada bayi, saluran kencing, dan faring bayi Anda dan membantu melawan patogen berbahaya.


Berapa lama Antibodi ini ada di Tubuh Bayi?
Saat bayi lahir, sistem kekebalan tubuh dan saluran pencernaannya belum matang. Idealnya, mereka hanya akan menerima ASI selama enam bulan pertama kehidupan, yang melapisi, melindungi, dan membiarkan sistem kekebalan tubuh dan pencernaannya matang.

Harus diingat bahwa sistem sekretor IgA bayi yang baru lahir belum matang dan belum bisa membuat respons antibodi ini sendiri. Seiring waktu tubuhnya perlahan akan mendapatkan kemampuan ini (biasanya sekitar 6 bulan), meski terkadang matangnya kemampuan menghasilkan respon ini membutuhkan waktu lebih lama dan lebih lambat, salah satu penyebab lambatnya kemampuan tubuh bayi untuk merespon pembentukan antibodi ini adalah masuknya zat asing selain ASI (termasuk SUFOR / Susu Formula) melewati sistem pencernaan bayi yang belum matang. Bayi hanya akan mendapatkan perlindungan antibodi ini dari ASI dan tidak bisa didapat dari susu formula.

Singkatnya, sIgA ditemukan di kolostrum tingkat tinggi (susu pertama yang diterima bayi baru lahir untuk melapisi sistemnya) dan perlindungan terhadap bayi Anda dimulai segera setelah mulai menyusui!

Bahkan menariknya, perlindungannya tidak akan pernah hilang selama masa menyusui dengan ASI. Sebagian ibu menghasilnya banyak ASI, sebagian lagi sedikit atau tidak ada sama sekali, jika produksi ASI anda sedikit maka berusahalah meningkatkannya salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bisa melancarkan ASI. Semakin banyak ASI maka semakin banyak juga dosis sIgA yang bisa dikonsumsi bayi anda sehingga dengan mengkonsumsinya tubuh bayi anda semakin terlindungi oleh antibodi yang anda hasilkan.

Dalam buku yang ditulis oleh Riordan, J. & Wambach, K. (2010), menyatakan bahwa tidak peduli berapa lama Anda menyusui bayi, selama masih mendapatkan ASI dari anda, bayi akan selalu mendapatkan antibodi yang menakjubkan ini.

Bagaimana cara Anda bisa memaksimalkan keberadaan Antibodi untuk bayi?
Agar tubuh anda bisa membuat antibodi IgA yang maksimal, maka anda perlu berhubungan dengan patogen. Jika anda tahu bahwa bayi anda ada disekitar orang yang sedang flu, dan bayi anda terpapar (terkena flu), maka jauhkan bayi Anda dari lingkungan itu, kemudian anda sentuh dia, cium dia, lakukan apapun kepada bayi anda. Dan juga pastikan apa saja yang bersentuhan dengan bayi anda juga menyentuhnya. Dalam hal ini tubuh Anda akan mulai bekerja dan memulai proses pembuatan susu yang luar biasa dengan antibodi yang spesifik untuk pathogen/antigen yang menyerang bayi anda.

Pikirkanlah, saat anak anda mulai tumbuh dan sistemnya telah bisa menghasilkan antibodi sendiri, namun belum kuat menerima terlalu banyak antigen (kekebalan tubuhnya melemah), maka itu saatnya anda membantunya dengan sistem antibodi yang lebih kuat tentunya dari ASI anda.

Saat anak anda mulai menjelajahi dunianya, memegang apa yang bisa dipegangnya dan memasukkan semuanya ke dalam mulutnya. Dia akan berhubungan dengan begitu banyak patogen baru, bisa jadi dengan terlalu banyaknya patogen baru sistem kekebalan tubuh anak anda menjadi terlalu lelah dan lemah jika sistem kekebalan tubuhnya dibiarkan melakukannya sendiri. Atau, jika dia masih bayi, sistemnya akan terlalu muda untuk bisa menghasilkan respon imun. Maka solusinya adalah berikan ASI yang menakjubkan untuk membantunya memiliki respon cepat dengan antibodi spesifik dan kuat milik anda. Dengan bersama-sama, melalui ASI dan tubuh bayi yang antibodinya masih belum matang dan lemah, akan memberikan perlindungan optimal dari berbagai penyakit yang menyerang.

Jadi saat anak anda mulai tumbuh dan bermain dengan temannya dan memainkan mainan diluar rumah, dari pada anda membawanya pulang kerumah untuk mandi dan membersihkannya, lebih baik anda ikut bermain dengannya. Selain mempererat hubungan anda dengan anak, juga menjadi momentum untuk anda memastikan tubuh Anda menangkap semua hal yang berhubungan dengannya sebelum mencuci dan membersihkan.

Luangkanlah waktu untuk bermain dengan anak dan bayi anda, kontak fisik anda dengan bayi anda akan membantu pemproduksian antibodi ASI yang sesuai dengan lingkungan bayi anda bermain. Juga luangkanlah waktu untuk menyusui ASI bayi anda sehingga bayi anda terlindungi oleh Antibodi yang ada di ASI anda sesuai dengan antigen/pathogen yang anda dapatkan ketika bermain bersama bayi anda. Juga jangan terlewatkan setelah anda menyusui bayi, pastikan bayi anda harus bersendawa untuk mengeluarkan udara yang masuk ke perutnya ketika menyusu ASI.

Menakjubkan bukan ASI untuk Antibodi ini? Pastikan selalu untuk memberikan bayi anda ASI yang gratis dan siap sedia kapan saja dibutuhkan, Ayo susui bayimu!
Share: